DIMENSI KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH

TUGAS KELOMPOK
INDIKATOR-INDIKATOR
KEBERHASILAN KEPALA SEKOLAH
TUGAS MATA KULIAH SUPERVISI DAN EVALUASI PENDIDIKAN
DOSEN :
PROF. DR. H. NANA SUDJANA, M.Pd

Disusun oleh Kelompok 4 :
1. Caecilia Sri Lestari
(7616090524)
2. Nunung N. Umah (7616090539)
3. Rodiyah (7616090543)
4. Rofiqoh (7616090544)
5. Surantiningsih (7616090551)
6. Surita Hermayulis (7616090552)
7. Visentia Rani Purwandari
(7616090557)

PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
2010

DIMENSI KOMPETENSI KOMPETENSI INDIKATOR KEBERHASILAN
1.KEPRIBADIAN 1.1 BerakhlakMulia,
mengembangkan
budaya tradisi
akhlak mulia dan
komunikasi sekolah a. Melaksanakan tugas pendidikan dengan tulus dan ikhlas
b. Memberikan contoh menjadi orang tua asuh bagi siswa tidak mampu.
c. Memberikan kesempatan seluas-luasnya sepada komponen pendidikan untuk beramal baik.
d. Selalu melaksanakan ibadah sesuai dengan keyakinannya
e. Seluruh warga sekolah saling menyayangi, menghormati, dan tolong-menolong apabila terdapat kesulitan.
1.2. Memiliki
integritas
kepribadian
sebagai pemimpin a. Memiliki jiwa tegas dan adil
b. Menjadi contoh dan teladan sebagai pemimpin bagi bawahannya
c. Mampu memberikan tugas dan wewenang kepada bawahan untuk dilaksanakan dengan baik
d. Seluruh bawahannya tunduk dan patuh karena percaya dengan kepemimpinannya
e. Sebagai pimpinan mampu membuat TEAM yang solid dan kuat dalam melaksanakan tugas bersama bawahannya
1.3 Memiliki
keinginan kuat
mengembangkan
diri sebagai kepala
sekolah a. Memiliki keinginan untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.
b. Selalu aktif dalam pembelajaran dan diklat-diklat kepemimpinan sehingga pengetahuannya terus bertambah
c. Memiliki kemampuan IPTEK yang terus maju sehingga memiliki informasi terkini.
d. Pengembangan struktur organisasi berdasarkan pemikirannya yang logis dan bertujuan meningkatkan kualitas organisasi.
e. Memiliki keinginan kuat organisasinya terus maju dan berkembang.
1.4. Bersikap terbuka
dalam
melaksanakan
tugas pokok dan
fungsi a. Tidak menutup komunikasi dengan bawahan apabila ada kesulitan dalam melaksanakan tugasnya
b. Instruksi dan komunikasi jelas serta dapat difahami oleh seluruh warga sekolah untuk melaksanakan tugas
c. Agenda kerja dan aktivitas hariannya jelas dan dapat diketahui oleh seluruh warga sekolah.
d. Menerima sara atau ide yang dianggap baik dan memajukan sekolah dari para bawahannya
e. Bersikap terbuka dalam suatu hal yang memang harus diketahui oleh seluruh warga sekolah agar setiap pekerjaan dapat berjalan dengan baik.
1.5 Mengendalikan diri
dalam menghadapi
masalah dalam
pelayanan sebagai
kepala sekolah a. Dapat menahan emosi dan berjiwa besar ketika menghadapi kesalahan yang diakibatkan oleh ketusannya yang salah.
b. Sabar dan tekun dalam melaksanakan tugas kepemimpinannya sebagai kepala sekolah
c. Siap mendampingi bawahannya yang menghadapi kesulitan dan tidak terbawa emosi apabila ada kesalahan
d. Membimbing guru dan seluruh warga sekolah dalam melaksanakan TUPOKSI yang baik dan benar sehingga organisasi sekolah dapat meningkatkan kualitas pelayanan terhadap semua customer
e. Tidak mudah terpancing dan emosional dalam menghadapi setiap kritikan atau ide-ide dan saran yang memang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah
1.6 Memiliki bakat dan
minat jabatan
sebagai pemimpin
pendidikan a. Melaksanakan tugas pendidikan dengan baik dan professional
b. Pernah atau sedang menjadi anggota organisasi.
c. Pernah atau sedang menjadi pengurus atau pemimpin organisasi
d. Memiliki pengaruh berarti di lingkungan pergaulan dengan memiliki banyak teman
e. Meningkatkan kompetensi diri untuk memenuhi kompetensi pemimpin pendidikan melalui pendidikan formal dan non formal
2. MANAJERIAL 2.1. Menyususn
perencanaan
sekolah/madrasah
untuk berbagai
tingkatan
perencanaan a. Memiliki/menyusun visi dan misi sekolah
b. menyusun RAPBS
c. Menyusun rencana kerja harian
d. Menyusun rencana/program pengembangan sekolah dalam semester
e. Menyusun program supervisi guru
2.2 Mengembangkan
organisasi
sekolah/madrasah
sesuai dengan
kebutuhan a. Membuat struktur organisasi sekolah yang telah berkembang dari struktur dasar/sebelumnya
b. Mengadakan rapat untuk mengakomodasi perubahan struktur yang diharapkan dari berbagai pihak di lingkungan sekolah
c. Memanfaatkan unsur baru dalam strukur organisasi yang telah dikembangkan dengan penggunaan yang efektif dan optimal
d. Pengembangan struktur organisasi tersebut meningkatkan kinerja sekolah melalui kinerja dan prestasi sekolah
e. Memiliki badan usaha di lingkungan sekolah yang berbadan hukum
2.3 Memimpin sekolah/madrasah dalam rangka pendayagunaan sumber daya sekolah/madrasah secara optimal a. menentukan job description untuk masing-masing posisi SDM
b. memiliki laporan pemanfaatan fasilitas yang ada di sekolah sebagai bahan evaluasi/control
c. mampu memberikan penjelasan dan bimbingan bagaiman memanfatkan/melaksanakan pembelajaran di kelas, di laboratorium dan di lapangan dengan memanfaatkan sumber daya yang ada
d. rajin mengirimkan kontingen pada even-even di luar sekolah yang menunjukkan kinerja dan prestasi sekolah
e. memberikan saran-saran kepada bawahan yang kurang memanfaatkan fasilitas dan sarana yang tersedia di sekolah.
2.4 Mengelola perubahan dan pengembangan sekolah/madrasah menuju organisasi pembelajar yang efektif. a. Memberikan arahan dan saran yang relatif baru kepada bawahan dalam rangka meningkatkan kinerja bawahan baik tenaga pendidik maupun kependidikan
b. Dapat mendata perubahan dan pengembangan yang terjadi di sekolah
c. Dapat menunjukkan kepada guru bagaimana mengelola perubahan yang terjadi dan memanfaatkannya untuk pembelajaran yang efektif
d. Membimbing guru dalam melaksanakan pengelolaan perubahan di sekolah untuk pembelajaran yang efektif
e. Dapat memberi contoh kepada guru untuk mengelola perubahan dan pengembangan sekolah untuk pembelajaran efektif
2.5 Menciptakan budaya dan iklim sekolah/madrasah yang kondusip dan inovatif bagi pembelajaran peserta didik
a. Kepala sekolah dapat menciptakan suasana kerja yang tenang dan menyenangkan
b. Kepala Sekolah dapat menanamkan disiplin kepada semua bawahanya dan peserta didik
c. Kepala sekolah dapat merencanakan dan mengorganisasi program sekolah
d. Kepala sekolah memahami cirri- ciri peserta didik dalam mengembangkan kopetensi yang dimilik
e. Kepala sekolah mempunyai komitmen dalam pencitraan diri

2.6 Mengelola guru dan staf dalam rangka pendayagunaan sumber daya manusia secara optimal.
a. Kepala sekolah dapat menilai guru yang berprestasi
b. Kepala sekolah Menempatkan guru sesuai dengan bidang dan kopetensi yang dimiliki
c. Kepala sekolah dapat memperbaiki sistim pendidikan sesuai dengan kebutuhan masyarakat
d. Kepala sekolah memberikan kesempatan kepada guru untuk peningkatan kopetensi dengan training atau melanjutkan kependidikan yang lebih tinggi
e. Kepala sekolah mengangkat wakil atau pembantu secara transparandalam seleksi
2.7 Mengelola sarana dan prasarana sekolah/madrasah dalam rangka pendayagunaan secara optimal. a. Kepala sekolah memiliki kemampuan dalam pengadaan barang-barang kebutuhan sekolah
b. Kepala sekolah memiliki program pengembangan dalam sarana prasarana
c. Kepala sekolah bertanggung jawab akan asset-aset yang dimilik
d. Kepala sekolah menjamin kebutuhan bahan dan alat praktek bagi peserta didik
e. Kepala sekolah tidak menggunakan sarana prasarana sekolah untuk kepentingan pribadi
2.8 Mengelola hubungan sekolah/madrasah dan masyarakat dalam rangka pencarian dukungan ide, sumber belajar, dan pebiayaan sekolah/madrasah
a. Kepala sekolah sudah menjalin hubungan baik dengan masyarakat sekitar ( pengusaha, industry desa dll )
b. Kepala sekolah bekerja sama dengan masyarakat untuk pimbiayaan pendidikan ( membentuk komite sekolah
c. Kepala sekolah Mengajak peran serta seluruh orang tua siswa dalam menetapkan RAPBS
d. Kepala sekolah Mengidentifikasi kebutuhan sekolah dan partisipasi orang tua
e. Kepala sekolah membuat laporan keuangan setiap
2.MANAJERIAL 2.9. Mengelola perseta didik dalam rangka penerimaan peserta didik baru dan penempatan pengembangan kapasitas peserta didik.

a. Dapat menentukan kapasitas peserta didika yang akan diterima sesuai dengan sarana yang ada.
b. Dapat mengelola dengan baik proses penerimaan peserta didik baru
c. Dapat menentukan dan membuat cara penerimaan peserta didik baru yang lebih efektif dan efisien.
d. Dapat menjelaskan langkah dan prosedur penerimaan peserta didik baru dalam penentuan jurusan
e. Dapat mengawasi proses penerimaan dan penempatan jurussan peserta didik baru.

2.10. Mengelola pengembangan kurikulum dan kegiatan pembelajaran sesuai dengan arah dan tujuan pendidikan Nasional.

a. Dapat menjelaskan tentang kurikulum setiap mata pelajaran
b. Dapat menjelaskan beberapa inovasi tentang pembelajaran / rumpun mata pelajaran
c. Dapat menjelaskan hakekat proses pembelajaran dalam pendidikan.
d. Dapat membimbing guru dalam pelaksanaan prosese belajar mengajar
e. Dapat membimbing guru dalam memilih dan menggunakan media pembelajaran/ metode / strategi / tehnik pembelajaran
2.11. Mengelola keuangan sekolah /Madrasah dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah/ Madrasah
a. Dapat mengelola keuangan sekolah sesuai dengan prinsip ekonomi
b. Dapat menganalisis tentang kebutuhan keuangan dalam proses pembelajaran.
c. Dapat menjelaskan langkah dan prosedur pelaksanaan pengelolaan keuangan sekolah
d. Dapat menjelaskan tentang laporan keuangan sekolah yang akuntabel dan transparan
e. Dapat membina hubungan dengan stokeholder dalam rangkapengembangan keuangan sekolah.

2.12. Mengelola ketatausahaan sekolah/ Madrasah dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah/Madrasah
a. Dapat mengelola langkah-langkah prosedur administrasi sekolah
b. Dapat menjelaskan tentang tentang langkah dan prosedur informasi sekolah
c. Dapat menjelaskan arti dan fungsi administrasi sekolah
d. Dapat memberikan bantuan kepada staf dalam pelaksanaan administrasi sekolah
e. Dapat menjelaskan arti dan manfaat teknologi informasi dan komunikasi dalam prosedur ketatausahaan.
2.13. Mengelola unit layanan khusus sekolah /Madrasah dalam mendukung kegiatan pembelajaran dalam mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah /madrasah.
a. Dapat menjelaskan prosedur pelayanan bimbingan dan konseling sekolah
b. Dapat membimbing guru dalam menentukan aspek-aspek penting dalam pembelajaran bimbingan
c. Dapat menentukan pelaksanaanpembelajaran /bimbingan dan konseling bagi peserta didik
d. Dapat membina guru dalam melaksanakan Bursa Kerja Khusus di sekolah untuk penyaluran tenaga kerja bagi peserta didik
e. Dapat menjalin hubungan dengan Dunia Usaha/unia Industri dalam rangka penyaluran Tenaga Kerja bagi peserta didik

2.14 Mengelola sistem informasi sekolah/madrasah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan
a. Dapat menjelaskan cara mengumpulkan data informasi dari sumber yang tepat
b. Dapat menyempaikan informasi yang jelas
c. Dapat melaksanakan pembimbingan penyusunan program
d. Dapat menjelaskan metode dan cara penyusunan program sekolah yang tepat
e. Dapat menjelaskan cara pengambilan keputusan yang tepat.
2.15 Memanfaatkan kemajuan teknologi informasi bagi peningkatan pembelajaran dan manajemen sekolah/ madrasah.
a. Dapat menjelasakan cara mengadopsi teknologi informasi
b. Bisa menjelaskan penerapan teknologi informasi dalam sistem manajemen sekolah
c. Dapat menjelaskan penerapan teknologi informasi dalam pembelajaran
d. Dapat menjelaskan cara pemberdayaan SDM yang ada untuk menyesuaikan kemajuan teknologi informasi
e. Dapat menfasilitasi sarana dan prasarana untuk kemajuan teknologi informasi

2.16 Melakukan monitoring , evaluasi dan pelaporan pelaksanaan program kegiatan sekolah/madrasah dengan prosedur yang tepat serta melaksanakan tindak lanjutnya.
a. Mampu menjelaskan pelaksanaan monitoring pelaksanaan program kegiatan sekolah yang tepat
b. Dapat menjelaskan kegiatan evaluasi hasil monitoring pelaksanaan program kegiatan.
c. Dapat menjelaskan cara pembuatan laporan hasil monitoring pelaksanaan program kegiatan sekolah
d. Mampu menjelaskan cara pembuatan laporan hasil evaluasi monitoring program kegiatan sekolah
e. Dapat menjelaskan cara membuat perencanaan tindak tanduk hasil monitoring dan evaluasi.

3.KEWIRA
USAHAAN 3.1 Menciptakan inovasi yang berguna bagi pengembangan sekolah/madrasah
a. Dapat menjelaskan pengembangan inovasi untuk sarana dan prasarana bagi pengembangan sekolah
b. Mampu menjelaskan penetapan kemajuan teknologi bagi pengembangan sekolah.
c. Dapat menjelaskan cara pemanfaatan sarana dan prasarana pembelajaran modern bagi sekolah
d. Dapat menjelaskan cara pemanfaatan sarana dan prasarana yang ada untuk pengembangan sekolah
e. Mampu menjelaskan cara memadukan kemajuan teknologi dengan kemampuan SDM yang ada untuk pengembangan sekolah.
3.2 Bekerja keras untuk mencapai keberhasilan sekolah/madrasah sebagai organisasi pembelajaran efektif
a. Dapat menjelaskan teknik-teknik bekerja yang baik
b. Dapat menjelaskan sistem pembelajaran yang efektif
c. Dapat menjelaskan metode pembelajaran yang efektif
d. Dapat menjelaskan Strategi pencapaian tujuan sekolah
e. Dapat menjelaskan cara pengembangan dan peningkatan skill SDM yang ada di sekolah
3.3 Memiliki motivasi yang kuat untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin sekolah/madrasah

a. Datang tepat waktu dan selalu paling awal daripada bawahannya
b. Pulang paling akhir setelah melakukan controlling setiap pekerjaan di sekolah
c. Melakukan supervisi dan evaluasi pada setiap kegiatan guru dan staff
d. Memberikan reward dan punishem pada setiap kegiatan sekolah yang layak mendapatkannya,
e. Melakukan pembinaan pada setiap unit kegiatan sekolah dangan baik, efektif, inovatif, dan kreatif.

3.4 Pantang menyerah dan selalu mencari solusi terbaik dalam menghadapi kendala yang dihadapi sekolah/madrasah

a. Dapat memecahkan setiap masalah yang ada disekolah secara bijak dan adil
b. Mengambil keputusan berdasarkan fakta dan tidak berdasarkan emosi
c. Dapat memberikan solusi dan strategi masalah yang tepat dan efektif
d. Mengahadapi masalah dan kesalahan dengan jiwa besar dan berusaha untuk mempebaikinya.
e. Kendala-kendala dipecahkan bersama dengan melibatkan seluruh guru dan staff demi kebaikan bersama
3.5 Memiliki naluri kewirausahaan dalam mengelola kegiatan produksi atau jasa sekolah sebagai sumber belajar peserta didik a. Selalu mencari peluang untuk mendaya gunakan berbagai potensi orang tua, masyarakat, dan lingkungan.
b. Berkomitmen terhadap kerja keras sepanjang waktu, dan merasa penting atas keberhasilan kewira usahaannya,
c. Kreatif dan mengembangkan hubungan baik dengan pelanggan, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat.
d. Melatih dan membiasakan tenaga kependidikan dan peserta didik untuk berpikir wira usaha.
e. Membimbing tenaga ependidikan dan peserta didik untuk mengembangkan sikap kewira usahaan.
`
4. SUPERVISI 4.1 Merencanakan program supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesional guru.
a. Merencanakan diskusi kelompok secara reguler dengan guru diluar jam efektif.
b. Merencanakan kunjungan kelas secara reguler untuk mendapatkan informasi secara langsung tentang berbagai hal yang berkaitan dengan profesionalisme guru.
c. Merencanakan pembicaraan individual secara reguler dalam rangka meningkatkan konseling kepada guru, baik yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran maupun masalah yang menyangkut profesionalisme guru.
d. Merencanakan simulasi pembelajaran secara reguler yang berbentuk demonstrasi pembelajaran.
e. Supervisi dilaksanakan terjadwal dan program berkesinambungan serta ada evaluasi perbaikan

4.2 Melaksakan supervisi akademik terhadap guru dengan menggunakan pendekatan dan teknik supervisi.

a. Melaksanakan diskusi kelompok secara reguler dengan guru diluar jam efektif.
b. Melaksanakan kunjungan kelas secara reguler untuk mendapatkan informasi secara langsung tentang berbagai hal yang berkaitan dengan profesionalisme guru.
c. Melaksanakan pembicaraan individual secara reguler dalam rangka meningkatkan konseling kepada guru, baik yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran maupun masalah yang menyangkut profesionalisme guru.
d. Melaksanakan simulasi pembelajaran secara reguler yang berbentuk demonstrasi pembelajaran.
e. Supervisi dilaksanakan dengan berbagaimacam metode yang berbeda-beda pada setiap guru yang melaksanakan kegiatan belajar mengajar
4. SUPERVISI 4.3 Menindak lanjuti hasil supervisi akademik terhadap guru dalam rangka peningkatan profesionalisme guru a. Dapat menjelaskan langkah dan prosedur memilih strategi/metode/teknik pembelajaran
b. Dapat menjelaskan langkah – langkah menggu nakna strategi/metode/teknik pembelajatran untuk setiap mata pelajaran/rumpun mata pelajaran
c. Dapat menjelaskan berbagai teknik pembimbingan dalam rangka membin a guru mata pelajaran/ rumpun mata pelajaran
d. Terampil mengaplikasi konsep dan prinsip pemilihan strategi/ metode / teknik pembelajaran pada saat melaksanakan pengawasan
e. Dapat menunjukkan kepada guru bagaimana memilih dan menggu nakan strategi / metode / teknik pembelajaran
5. SOSIAL 5.1. Bekerja sama dengan pihak lain untuk kepentingan sekolah/ madrasah a. Melibatkan orang tua secara proporsional dan professional dalam mengem bangkan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program sekolah
b. Mengidentifikasi kebutuhan sekolah dan partisipasi orang tua dalam program dan kegiatan sekolah
c. Menyusun tugas – tugas yang dapat dilakukan bersama dengan orang tua secara fleksibel
d. Membantu guru mengembangkan program pelibatan orang tua dalam berbagai aktivitas sekolah, dan pembelajaran
e. Mengundang orang tua untuk ikut terlibat dalam berbagai aktivitas sekolah .
5.2 Berpartisipasi dalam kegiatan social kemasyarakatan a. Melaksanakan program – program kemasyarakatan yang dapat menumbuhkan simpati masyarakat terhadap sekolah.
b. Mengadakan kegiatan yang memberi kesempatan masyarakat luas untuk mengetahui program dan kegiatan sekolah.
c. Membuat program kerja sama sekolah dengan masyarakat dalam perayaan hari besar nasioanl dan keagamaan
d. Melibatkan masyarakat dalam berbagai program dan kegiatan di sekolahyang bersifat social kemasyarakatan.
e. Mengundang tokoh untuk menjadi pembicara atau Pembina suatu program sekolah.
5.3 Memiliki kepekaan sosial terhadap orang / kelompok lain. a. Membuat program Orang Tua Asuh
b. Mengadakan Home Visit bagi siswa – siswa yang bermasalah.
c. Mengadakan Program kunjungan ke panti – panti.
d. Mengadakan program bakti social dengan masyarakat dilingkungan sekitar sekolah
e. Program bea siswa bagi siswa kurang mampu .

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: