PEMBIAYAAN PENDIDIKAN

SOAL UAS BAGIAN A (JAWABAN)
1. Pendidikan dalam meningkatkan perekonomian bangsa dan meningkatkan kemakmuran karena Pendidikan merupakan proses pengembangan kemampuan, sikap, dan tingkah laku lainnya di dalam masyarakat tempat mereka hidup, sehingga dengan pendidikan yang menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas maka secara otomatis akan menunjang meningkatnya perekonomian dan kemakmuran suatu bangsa atau negara

a. Contoh : Sumber daya manusia yang unggul dalam suatu Negara akan mampu bersaing dalam menghasilkan suatu produk yang berkualitas dan laku pada pasar internasional seperti di Jepang, karena ketekunannya bangsa jepang yang tidak pernah lelah belajar dan belajar dari bangsa lain yang dianggapnya maju, maka iapun bertekad menjadi Negara yang maju, dengan pendidikan yang tepat mereka berhasil

Pendidikan juga dibutuhkan dan sangat penting bagi suatu bangsa karena :
– dengan pendidikan dapat mencerdaskan bangsa,
– bangsa yang berpendidikan dapat menguasai pengetahuan dan teknologi,
– bangsa yang menguasai teknologi mampu bersaing

2. Prinsip dasar pertimbangan penyusunan anggaran pembiayaan pendidikan diperlukan untuk mengetahui dengan pasti bagaimana alokasi sumber-sumber yang dimiliki pemerintah, lembaga pendidikan maupun mayarakat yang bergerak dalam bidang pendidikan atau bagaimana mengelola sumber-sumber yang dimiliki dialokasikan untuk mencapai tujuan pendidikan. Pertimbangan penyusunan angggaran meliputi :

a. Kebijakan yang dianut yaitu peraturan-peraturan atau sumber-sumber yang dimiliki pemerintah berdasarkan UU dan Peraturan untuk mengalokasikan dana pendidikan tersebut sesuai dengan ketentuan dan keadilan yang merata dan mampu mendukung kebijakan tersebut.
b. Tujuan yang ingin dicapai lembaga pendidikan biasanya didasari dari latar belakang pendirian suatu lembaga, dari tujuan ini dialokasikan sumber-sumber yang diperlukan dan dihitung kebutuhan biayanya
c. Lokasi Pendidikan, yaitu penyelengaraan pendidikan tidak dilakukan dalam satu tempat saja, ada yang di kota, di pedesaan, di pegunungan atau di pantai, lokasi tempat berbeda tentunya juga mempengaruhi pembiayaan pendukung pendidikan.
d. Tingkat Kehidupan masyarakat, yaitu keadaan ini sangat banyak pengaruhnya terhadap pencapaian tujuan pendidikan,
e. Kebutuhan belajar masyarakat, dimana faktor keaneka ragaman kebutuhan belajar masyarakat ini banyak mempengaruhi alokasi sumber yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat tersebut, maka pembiayaan yang dibutuhkan juga berbeda.
f. Partisipasi masyarakat, yaitu Partisipasi adalah keterlibatan dalam bentuk dukungan dana, dan bagaimana supaya masyarakat mau terlibat, yang perlu dicermati anatara lain pamoing yang bersih, keluaran sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
g. Penilaian masyarakat terhadap hasil pendidikan, yaitu apabila hasil pendidikan sesuai anatara harapan dan persepsi masyarakat.
h. Strategi yang dianut, yaitu strategi pembelajaran yang dianut tentunya sangat berpengaruh dalam penentuan pembiayaan pendidikan.
3.Disusun Perhitungan Rugi laba dan Neraca bagi organisasi baik yang profit oriented maupun nirlaba yaitu :
• Laporan Rugi laba adalah laporan yang mengikhtisarkan pendapatan dan beban perusahaan selama periode akuntansi tertentu, yang pada umumnya setiap kuartal atau tahun sehingga laporan tersebut sangat bermanfaat dan dibutuhkan oleh perusahan tersebut dalam menentkan kebijakan-kebijakan financial perusahaan
• Neraca adalah laporan posisi keuangan perusahaan pada suatu waktu tertentu, yang menunjukan pada sisi sebelah kiri adalah aktiva perusahaan dan sisi sebelah kanan adalah pasiva kewajiban perusahaan, sama halnya dengan laporan keuangan Rugi laba, neracapun dibutuhkan oleh perusahan sebagai informasi penting mengenai kondisi keuangan perusahaan.

4. Aplikasi penyusunan dan penggunaan dana pendidikan dengan adanya sistem otonomi daerah maka akan memudahkan daerah dalam hal mengatur dan mengalokasikan dana-dana pendidikan sesuai dengan kebutuhan masyarakat di wilayahnya sehingga daerah tersebut akan terbantu dan termotivasi untuk maju seperti di daerah-daerah lainnya, hal ini juga menunjukan adanya pendanaan pendidikan yang adil dan merata di setiap daerah sehingga dengan sistem otonomi daerah, maka daerah akan lebih leluasa dalam menentukan kebijakan-kebijakan yang dapat memotivasi daerah tersebut untuk meningkatkan ekonomi dan meningkatkan kemakmuran masyarakat daerah tersebut.

5. Sumber-sumber pembiayan pendidikan dan penerapannya di Indonesia
A. Sumber dari Pemerintah pusat dan daerah, yaitu
1. Sumber daya alam
Eksplorasi/tambang, minyak, gas, batu bara, hasil hutan, hasil kelautan, dll.
2. Hasil Industri / Perusahaan
Hasil dari BUMN, BUMD, Industri Pariwisata, dll
3. Pajak
Pajak bumi dan bangunan, kekayaan, penghasilan perorangan, pendapatan
Penjualan, kendaraan bermotor, dll
Sumber pembiayan tersebut dimasukan dalamn APBN & APBD (DAU, DAK)
B. Sumber dari masyarakat, terdiri dari
1. Komite sekolah
Iuran komite, masyarakat peduli pendidikan (Cendikiawan, professional, ulama,
penyandang modal, kelompok pengusaha, dll
2. Orangtua peserta didik
SPP, BP3 atau DSP, dll
C. Sumber-sumber lain
1. Bantuan luar negeri
Pinjaman (Loan/Credit) pemberian (Grant, Hibah) dari UNESCO, UNICEF, BANK
DUNIA, Swisscontact Foundation, dll)
2. Yayasan dan swadaya
Yayasan dana bakti social (ASTRA), yayasan orang tua asuh melalui GNOTA, yayas
An sampurna, pondok pesantren, bantuan pelatihan dari inustri, dll)

Penerapan sumber-sumber pembiayaan pendidikan tersebut di Indonesia sebagai besar
Setelah dilaksanakan dan sesuai dengan pengalokasian dana pendidikan, namun dengan sumber biaya pendidikan yang melimpah tidak ada jaminan bagi peningkatan mutu, jika tidak direncanakan, salah sasaran, salah pengolahan, tidak ada pengawasan, akuntabilitas rendah, maka harus ditindak tegas dan sanksi yang jelas bagi para penyeleweng dana-dana tersebut, karena akan merugikan bangsa dan Negara.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: